Kamis, 11 Maret 2010

BAB 7

Mengidentifikasi Perangkat Lunak Lembar Kerja (Worksheet) Beserta Fungsi Ikon dan Menunya
A.Manfaat Program Lembar KerjaMicrosoft Corporation sudah mengeluarkan beberapa versi program aplikasi Microsoft Office, seperti :
Microsoft Office 2000\2002\2003
Microsoft office XPHal baru yang terdapat di Microsoft XP :
Pemberian warna pada tab sheet bertujuan agar pengguna dapat mengklasifikasikan jenis data dengan warna yang berbeda
Adanya fasilitas mengirim sebuah range yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet


B.Mengaktifkan ProgramCara untuk mengaktifkan Microsoft Excel melalui tombol start pada taskbar :
Klik tombol start
pilih All Programs
dan Microsoft Excelketerangan lembar kerja Microsoft Excel:1. Kolom2. Menu bar3. Toolbar4. Formula bar5. Task pane6. Penunjuk sel7. Name box atau nama sel8. Baris9. Tab sheet10. Scroll bar

C. Menggunakan Menu pada Microsoft Excel1. Menu FileMenu File merupakan menu yang berisi perintah-perintah untuk mengelola buku kerja Microsoft Excel.Perintah-perintah yang terdapat pada menu file :
New
Open
Close
Save
Save As
Page Setup
Print

2. Menu EditMenu Edit merupakan menu yang digunakan untuk melakukan beberapa perubahan pada dokumen atau lembar kerja yang sedang aktif. Peritah-peritah yang terdapat pada menu edit:
Undo
Cut
Copy
Paste
Delete
Move or copy sheet

3. Menu ViewMenu View merupakan menu yang berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan pengaturan lingkungan dan lembar kerja pada microsoft excel. Perintah-perintah yang terdapat pada menu View
task pane
toolbar
formula bar
status bar

4.Menu InsertMenu Insert merupakan suatu menu yang berisi perintah-perintah yang diperlukan dalam melakukan penyisipan pada lembar kerja microsoft excel. Perintah-perinyah yang terdapat pada menu Insert:
Cells
Bown
Columns
Worksheet
Chart
symbol
Page Break
Function
Name
Picture
Diagram
Object
Hyperlink

5.Menu FormatMenu Format merupakan suatu menu yang berisi kumpulan perintah yang digunakan untuk mengatur format dasar dari lembar kerja. Perintah pada menu Format:
Cells
Row
Column
Sheet
Auto Format
Conditional Formatting
Style

6.Menu ToolsMenu Tools berisi perintah-perintah yang digunakan untuk melakukan pengecekan ejaan. Perintah yang terdapat di menu Tools:
Protection
Workbook
Spelling
Formula Auditing
Scenarios

7. Menu DataMenu Data terdiri atas perintah perintah yang digunakan untuk pengolahan data yang terdapat pada lembar kerja. Perintah yang terdapat di menu Data :
Sort
Filter
From
Subtotals
Table
Text to Columns

8. Menu pada WindowMenu window digunakan untuk mengatur jendela kerja dari Microsoft Excel yang sedang aktif. Perintah yang terdapat pada menu Window:
New Window
Arrange
Hide
Split
Freeze Panes

9.Menu HelpMenu Help merupakan mene yang digunakan sebagai menu bantuan untuk mencari informasi yang diperlukan pada saat bekerja dengan microsoft excel. Perintah yang terdapat pada menu help:
Microsoft Excel Help
Hide the Office Assistant
What's this ?
Office on the web
Activate Product
Lotus 1-2-3 Help
Delect and RepairD. Ikon pada Microsoft ExcelIkon-ikon pada Microsoft Excel dikelompakan dalam toolbar,yaitu:
Toolbar Standard
Toolbar Formatting1. Toolbar Standardterdiri atas ikon-ikon yang digunakan untuk membuka dokumen baru,membuka dokumen yang pernah dibuat sebelumnya,menyimpan dokumen.mencetak dokumen,dan perintah lainnya.2. Toolbar Formattingterdiri atas ikon-ikon yang berfungsi untuk menjalankan perintah-perintah untuk ,engatur format dasar dari dokumen atau lembar kerja.Toolbar yang tidak ditampilkan pada Microsoft Excel dapat dipilih melalui:
menu view
pilih toolbar
pilih jenis toolbar yang diingikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar