Rabu, 02 Desember 2009

BAB 2

MENGGUNAKAN INTERNET untuk MEMPEROLEH INFORMASI

 Untuk proses pencarian dan menemukan suatu informasi, kita dapat menggunakan mesin pencari ynag dikenal dengan istilah search engine.
 Search engine merupakan sebuah situs khusus yang dirancang untuk menyimpan catalog serta menyusun daftar alamat tersebut berdasarkan topic tertentu.
 Seumber daya internet yang umum digunakan saat ini, yaitu e-mail, World Wide Web (WWW), FTP, Mailing List, dan Telnet.
 World Wide Web (WWW) atau biasa disebut dengan web merupakan salah satu layanan yang diperoleh pengguna computer yang terhubung dengan internet.
 Protocol yang digunakan web disebut HTTP (Hypertext Transfer Protocol) yang berjalan pada TCP/IP.
 Documen web pada umumnya ditulis dalam format HTML.
 Salah satu effect negative penggguna internet lainnya, yaitu pembajakan karya intelektual.
 URL (Universal Resource Locator) merupakan alamat sebuah situs atau dokumen dari sumber lainnya di internet yang terdapat pada web.
 Istilah domain merupakan nama lain atau alias dari alamat sebuah situs, yang dalam bentuk aslinya berupa angka (IP Address, missal http://209.132.1.22)
 Homepage adalah istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan kamu lihat jika sebuat situs web diakses dan merupakan suatu informasi dalam World Wide Web.
 HTML adalah suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (disebut sebagai tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar.
 Program “Gophers” dan “Archie” mencatat indeks file yang tersimpan dalam server yang terhubung dengan internet dan secara dramatis mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mencari program dan dokumen.
 Search engine memiliki 3 komponen penting, yaitu spider atau crawler, indeks dan mesin pencari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar