Rabu, 02 Desember 2009

bab 3

BAB 3


MENGGUNAKAN E-mail untuk KOMUNIKASI

 E-mail (Electronic Mail) adalah suatu cara untuk mengirim pesan dalam format data electronic dari satu computer ke computer lainnya.
 Terdapat dua jenis layanan e-mail, yaitu e-mail yang berbasis web dan e-mail yang berbasis client.
 Pengguna e-mail pada umumnya memungkinkan data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat.
 Pengguna e-mail memiliki sebuah kotak surat yang disebut mailbox yang tersimpan dalam mailserver.
 Alamat e-mail pada umumnya terdiri atas dua bagian utama, yaitu mailbox dan nama computer dimana mailbox tersubut berada.
 Alamat e-mail bersifat unik sehingga tidak mugkin ada dua orang yang berbeda memiliki alamat e-mail yang sama.
 Mailserver merupakan computer tempat melitakkan mailbox, sedangkan setiap pengguna e-mail dapat kita sebut sebagai client.
 Beberapa pengguna e-mail dapat membentuk sebuah kelompok yang diwakili oleh sebuah alamat e-mail, kelompok semacam ini disebut milis (Mailing list)
 Tujuan dibuatnya sebuah milis adalah atas dasar kesamaan minat atau kepentinga anggotanya.
 Attachment memungkinkan sesorang untuk menyertakan berkas lain (dapat berupa dokumen, gambar, video, dan bahkan musik) ke dalam e-mail.
 Yahoo mail memberikan fasilitas untuk pengelolaan e-mail, menghapus e-mail, mengosongkan e-mail, untuk memindahkan e-mail ke folder khusus yang dinginkan.
 Etika dalam menggunakan e-mail sama dengan etika dalam menulis sura biasa.
 Etika dalam berkomunikasi melalui e-mail dikenal dengan istilah netiquette atau internetetiquette

Tidak ada komentar:

Posting Komentar