BAB 3
MENGGUNAKAN E-mail untuk KOMUNIKASI
E-mail (Electronic Mail) adalah suatu cara untuk mengirim pesan dalam format data electronic dari satu computer ke computer lainnya.
Terdapat dua jenis layanan e-mail, yaitu e-mail yang berbasis web dan e-mail yang berbasis client.
Pengguna e-mail pada umumnya memungkinkan data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat.
Pengguna e-mail memiliki sebuah kotak surat yang disebut mailbox yang tersimpan dalam mailserver.
Alamat e-mail pada umumnya terdiri atas dua bagian utama, yaitu mailbox dan nama computer dimana mailbox tersubut berada.
Alamat e-mail bersifat unik sehingga tidak mugkin ada dua orang yang berbeda memiliki alamat e-mail yang sama.
Mailserver merupakan computer tempat melitakkan mailbox, sedangkan setiap pengguna e-mail dapat kita sebut sebagai client.
Beberapa pengguna e-mail dapat membentuk sebuah kelompok yang diwakili oleh sebuah alamat e-mail, kelompok semacam ini disebut milis (Mailing list)
Tujuan dibuatnya sebuah milis adalah atas dasar kesamaan minat atau kepentinga anggotanya.
Attachment memungkinkan sesorang untuk menyertakan berkas lain (dapat berupa dokumen, gambar, video, dan bahkan musik) ke dalam e-mail.
Yahoo mail memberikan fasilitas untuk pengelolaan e-mail, menghapus e-mail, mengosongkan e-mail, untuk memindahkan e-mail ke folder khusus yang dinginkan.
Etika dalam menggunakan e-mail sama dengan etika dalam menulis sura biasa.
Etika dalam berkomunikasi melalui e-mail dikenal dengan istilah netiquette atau internetetiquette
Rabu, 02 Desember 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar